Halaman

Selasa, 20 November 2012

Smartphone, sahabat kecil kita



Akhir-akhir ini begitu banyak produk smartphone dengan model terbaru dilaunch ke pasaran. Tiap pabrikan membawa brand atau merknya sendiri. Tiap smartphone dibekali kemampuan masing-masing yang ditonjolkan sebagai keunggulannya.

Begitu banyak pilihan, begitu ragam merk dan kecerdasan, serta operating system (OS) dari smartphone itu sendiri dan tentu saja, harga yang semakin murah dari waktu ke waktu, tentu membuat bingung konsumen pemula untuk menentukan pilihan.
Sebenarnya, apa sih beda antara smartphone dan telepon, dan apa yang membuatnya menjadi ‘smart’ atau cerdas?

Singkatnya, smartphone adalah suatu alat yang dengannya anda bisa melakukan panggilan telepon, tapi juga menambah fitur yang, dulu, hanya dapat ditemui pada PDA (personal digital assistant) atau bahkan komputer, misalnya kemampuan untuk mengirim dan menerima email, membuat dan mengedit dokumen dan sebagainya.

Hal-hal berikut merupakan kemampuan-kemampuan yang menjadikan smartphone memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan ‘telepon biasa’:

1. OS atau Operating System
Secara garis besar, smartphone berdasarkan pada  suatu ‘OS’ atau operating system yang ditanamkan pada device tersebut, yang memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi.  Sebagai contoh, iPhone Apple memiliki OS  ‘iOS’, Blackberry memiliki OS ‘Blackberry OS’, Microsoft dengan OS Windows Phone-nya, dan akhir-akhir ini banyak smartphone yang menggunakan OS ‘Android’ membanjiri pasaran smartphone di seluruh dunia.

2. Aplikasi
Smartphone mengijinkan penggunanya untuk menjalankan program-program yang didukung oleh platform atau OS yang ditanamkan ke dalamnya. Misalnya smartphone dapat menjalankan program untuk perkantoran misalnya, baik mengedit atau membuat dokumen baru, minimal hanya menampilkan dokumen. Selain itu calendar, skeduler, business finance manager, design dan lainnya.

3. Akses Internet / web
Banyak smartphone dapat mengakses web dengan kecepatan tinggi, baik melalui 3G/4G/LTE network maupun melalui WiFi. Namun beberapa jenis smartphone yang menawarkan kecepatan koneksi yang lebih rendah juga biasanya menawarkan hal yang sama.

4. Keyboard QWERTY
Adanya keyboard QWERTY merupakan keniscayaan bagi smartphone, karena memiliki format yang sama saat pengetikan dengan komputer, sehingga juga menawarkan kenyamanan mengetik yang tidak jauh berbeda. Jenis keyboard bisa berupa fisik, maupun visual, bagi smartphone berkemampuan layar sentuh/touchscreen.

5. Messaging
Semua telepon selular mampu mengirim dan menerima pesan text. Namun smartphone mampu juga menangani email secara online. Smartphone mampu menyingkronkan dengan email personal dan professional anda. Beberapa smartphone mampu menangani beberapa akun email pada saat yang bersamaan. Yang lainnya bahkan menyertakan akses ke layanan instant messaging, seperti YM, AOL dan lain-lain.

Hal-hal di atas merupakan beberapa fitur yang menjadikan smartphone tampak lebih ‘cerdas’. Teknologi yang mengelilingi smartphone akan tetap berubah. Apa yang terlihat bagus saat ini, mungkin akan tertinggal tahun depan, atau bulan depan, atau bahkan minggu depan.


Ref.: http://cellphones.about.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar