Halaman

Selasa, 20 November 2012

7 Kebiasaan Berkomputer yang Baik.



Berikut adalah 7 kebiasaan berkomputer yang baik, yang perlu untuk dipertahankan, karena kebiasaan yang baik dapat memaksimalkan IT Investment dan mengoptimalkan efisiensi operasional anda. Sebaliknya, kebiasaan buruk membuang-buang uang dan memperlambat anda, bahkan dapat mengakibatkan bencana. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan berkomputer yang baik yang perlu dimulai segera:


1. Sering men-save pekerjaan anda

Untuk menghindari kehilangan data karena disebabkan systema atau aplikasi yang membeku (hang), sering-seringlah untuk men-save pekerjaan yang sedang anda kerjakan. Tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk melakukan hal ini. Hanya mengklik gambar disket pada menu aplikasi atau cukup menekan tombol “Ctrl + S”, dan pekerjaan anda akan aman tersimpan pada komputer anda. Jangan pernah untuk mengandalkan fitur “Auto Save” pada komputer anda, karena hal ini bukan merupakan fitur standar pada setiap program.


2. Backup

Jangan meresikokan kehilangan file pekerjaan anda dengan tidak memiliki backup atau salinannya. Semua kemungkinan bisa terjadi; kerusakan komputer, terhapus, kehilangan komputer dan lain-lain. Tidak ada hard drive yang dijamin bisa beroperasi selamanya. Recovering data, seringkali mustahil dan jikapun ada, berbiaya sangat mahal dan butuh waktu yang lebih lama dari yang orang pikirkan.

Effort yang melelahkan tersebut dapat digantikan dengan hanya mengcopy files atau data ke DVD, external HDD, atau media lainnya pada interval waktu yang teratur.


3. Pikirkan sebelum mencetak

Hard copy memang dibutuhkan, tapi tidak selalu. Oleh karenanya, sebelum  mengklik “Print”, pastikan bahwa anda benar-benar membutuhkan hard copynya. Jika ya, apakah anda membutuhkan seluruh bagiannya, atau hanya pada bagian tertentu. “Print Preview” akan membantu anda menyeleksi bagian atau halaman yang anda butuhkan untuk dicetak. Selalu gunakan double-side print saat mencetak untuk menghemat kertas. Selalu gunakan warna cetak hitam, kecuali memang perlu untuk berwarna.


Saran:  Jika dimungkinkan, pakailah recycled paper saat mencetak.


4. Strukturisasi Folder

‘Wah, di mana ya, saya simpan file itu kemarin..?’ Kalimat ini merupakan salah satu pencerminan strukturisasi Folder yang kurang baik. Di mana biasanya anda menyimpan file atau dokumen anda? Apa semua terserak di seluruh desktop atau tersusun dengan rapi dalam folder ‘My Documents’? Pertahankan urutan dokumen dalam Folder kerja anda dengan mengklasifikasikan dan membuat folder serta sub-folder yang sesuai dengan kriteria anda. Tidak banyak waktu yang dibutuhkan, hanya beberapa menit saja, namun akan menghemat begitu banyak waktu yang dibutuhkan untuk mencari file yang salah tempat.


Saran:  Pengklasifikasian folder yang bersifat pribadi dan pekerjaan akan sangat membantu pada saat pencarian file.


5. Menyimpan Kode Lisensi Software

Buatlah catatan mengenai Kode Lisensi Software dan simpanlah di tempat yang aman. Pada waktu kita membutuhkannya saat install ulang kita dapat membukanya kembali dengan mudah. Hal ini jauh lebih mudah dan praktis dibandingkan saat kita terpaksa harus membeli lisensi baru karena kehilangan lisensi tersebut.


6. Berinvestasi pada Software Sekuritas

Lindungi Investasi IT anda, kerja keras anda dan bahkan diri anda sendiri! Virus, spyware, adware dan software berbahaya lainnya menjadi berita karena suatu alasan. Ancaman tersebut dapat menginfeksi komputer anda, bahkan tanpa anda menyadarinya. Tapi tahukan anda, kerusakan apa yang dapat mereka sebabkan? Mereka dapat menghapus atau merusakkan file dan dokumen anda, mentrack aktifitas berinternet anda, mencuri data pribadi, atau hanya sekedar membuat jengkel anda dengan performance komputer anda yang dibuatnya melambat. Segeralah bertindak sebelum mereka mendahului anda dengan berinvestasi pada software sekuritas. Jika sudah, jagalah agar software tersebut tetap up-to-date dan scanlah komputer anda secara teratur agar selalu pada kondisi puncaknya.


Saran:  Biasanya setiap antivirus software mengupdate produknya setidaknya seminggu sekali. Maka ceklah validitas antivirus database anda setiap minggu.


7. Berkediplah..

Menatap layar komputer pada waktu yang lama akan berakibat negatif pada mata anda. Pengguna komputer dianjurkan untuk mengedipkan mata sesering mungkin, terutama saat mata anda terasa lelah. Maka jadikanlah kebiasaan untuk mengedipkan mata sesering yang anda bisa saat anda bekerja dengan komputer. Mengapa? Karena berkedip atau mengerjapkan mata akan memproduksi air mata yang akan melindungi permukaan bola mata anda dan menjaga agar bola mata anda tetap lembab dan terlumasi.

Kebiasaan lainnya adalah untuk mempertahankan dan melindungi pandangan mata termasuk memfokuskan pandangan pada objek yang jauh setiap 15 menit untuk melemaskan otot mata anda dan untuk mengistirahatkannya setiap 1 atau 2 jam untuk mengurangi kelelahan mata.


Saran:  Memfokuskan mata pada jarak dekat berarti memforsir mata. Sebaliknya memandang objek yang jauh berarti merilekskan mata.




Ref.: Hewlett Packard Development Company


Tidak ada komentar:

Posting Komentar